Blog

Cara Jualan Pake Instagram untuk Pemula

Assalamu alaikum wrwb, buat kawan2 pembaca muslim. salam kenal buat semua pengunjung suhermansyah.com. Sesuai dengan judul nya kali ini ini saya akan mengupas materi belajar Cara Jualan Pake Instagram untuk Pemula, yang awalnya saya buat sebenernya untuk temen-temen reseller. Namun kalau ini juga bisa bermanfaat buat lebih banyak orang, kenapa hanya dibatasi reseller hehe..

Yups, Langsung ke materi saja yaa. Klo mau kenalan silahkan di halaman profil suhermansyah saja. Klo yang sudah kenal, silahkan santap materi teknis berikut ini.
Pertama, Saran dari beberapa praktisi bisnis online yang sukses menggunakan instagram sebagai media pemasaran, cobalah buat pengelompokan 3 akun instagram.

Kenapa saya katakan pengelompokan, karena bisa jadi dari masing-masing kelompok ini, kita mau membuat beberapa akun lagi untuk menjangkau lebih jauh target pasar kita.

Nah apa saja kelompok akun tersebut, berikut saya jelaskan :

  1. Akun pribadi, dipergunakan untuk membangun personal branding / membangun bagaimana orang lain melihat kita sebagai siapa. maka selalu gunakan sudut pandang orang lain terhadap kita sebelum memposting konten di akun ini.
  2. Akun umum, ini biasanya untuk berbagai informasi atau hal-hal yang sifatnya menghibur atau share konten-konten yang bisa menarik orang lain untuk ikut menjadi follower.
  3. Akun jualan, yaitu akun yang memang khusus menampilkan koleksi photo produk yang kita jual serta informasi seputar transaksi serta ketentuan-ketentuan kerjasama yang kita tawarkan.

Oke, faham sampai sini ya? Kalau sudah. Kedua, saya ingin bahas dulu bagian penting sebelum lanjut ke cara teknis jualan menggunakan instagram, yaitu tentang ketentuan-ketentuan layanan instagram. Buat saya ini penting banget karena ini menyangkut biaya, waktu dan kesempatan yang dihabiskan untuk membangun media jualan.

Berikut ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan jika anda mau aman berjualan di instagram.

  1. Jangan jualan produk KW. Yaah ini mah udah tau.., hehe.. yaya saya hanya mengingatkan. :), Kalaupun memang terpaksa jual KW-an jangan pake ejaan yang bener.
  2. Jangan terang-terangkan keliatan Jualan oleh pihak instagram, karena IG sebagai sosial media awalnya dibuat bukan untuk jualan melainkan bersosialisasi sesama penggunanya. Makanya hindari menggunakan kata Diskon/Discount, Follow/Ikuti, Order/Pesan atau kata-kata yang berkonotasi sama dengan hal tersebut. Nah klo udah ketauan yaa resiko sendiri. Jualan sih jualan tapi ga gitu-gitu amat kali.. 😀
    Nah kalaupun memang ngebet mau nawarin coba deh pake bahasa gaul aja, misalnya “yuk ta’aruf” sebagai pengganti “Follow”
  3. Jangan lebay ikut-ikutan orang yang jualan, pake Hastag sampe bejibun. Secukupnya aja maksimal 20 biji biar enak dilihatnya.
  4. Batasin juga Caption. Bukan kenapa-kenapa, tapi instagram itu media sosial yang mengedepankan konten photo, bukan konten text. Nah buat Caption secukupnya saja, biar orang lain nyaman liatnya.
  5. Cukup sekali mention akun instagram kita pada saat posting, jangan mentang-mentang jualan itu mention akun sampe berkali-kali. Ini namanya ngundang Satpam IG buat Banned akun sendiri.

Nah kira-kira itu ketentuan-ketentuan instagram yang mesti di perhatikan pada saat jualan pake instagram.

Ketiga, sesuaikan akun instagram untuk membangun kepercayaan dari calon pelanggan. Saya ngga bahas lagi konten ya, karena materi ini bersambung dari materi sebelumnya. Untuk konten, silahkan cek artikel persiapan membuat toko online.

Lalu apa saja yang mesti disesuaikan supaya keliatan profesional, berikut rinciannya :

  1. Ganti DP dengan gambar Sale/Diskon/Cuci gudang. Tujuannya untuk menarik follower baru
  2. Setting Instagram menjadi private/lock. Tujuannya untuk memastikan bahwa akun ini bukan akun murahan yang semua orang bisa ngikut. Kita juga pilih-pilih nerima follower biar lebih tertarget. Jika dirasakan sudah cukup follower tertargetnya, silahkan untuk membuka untuk public.
  3. Siapkan stok konten posting menarik sesuai target market kita untuk beberapa minggu kedepan usahakan bisa lebih dari 200 postingan.
  4. Buat akun-akun pendukung yang masih sesuai dengan target market untuk membantu mendukung promosi akun jualan utama yang kita buat. simpelnya nanti di akun utama kita buat hastag tertentu lalu yang mention itu dari akun-akun bantuan yang kita buat. Begitu dan begitu.. 🙂
  5. Terus jadwalkan untuk follow akun-akun yang terkategori target pasar ideal kita. Cara nyarinya dimana? Bisa lewat pesaing kita. Dengan ngintip akun jualannya, trus follow deh followernya, atau bisa juga dengan bekerja sama dengan orang lain yang juga jualan di IG tapi jual produk yang berbeda dengan produk kita. Nah itu bisa saling bantu berbagai info produk. Atau bisa juga dari akun artis, akun publik yang memang sudah terkenal, atau bisa juga dari akun follower kita.. mereka kan punya follower iya kan?

cara jualan pake instagramYah, kira-kira begitu tahapan-tahapan cara jualan pake instragram yang gratis, semoga artikel ini bisa membantu kawan-kawan pemula yang baru mau coba instagram buat masarin produknya. Kali aja ada rejeki lewat sini 🙂

Salam,
semoga semakin berkah berlimpah
ayo saling melengkapi’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 087870201037 Invite Pin BBM kami : 5C648CAA