Blog

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Apa situ Shopee? saya kira sebagian besar udah pada tau ya, kecuali yang jarang pake gadget plus ngga nonton tv atau anda yang ngga pernah keluar rumah hehe.. yaa karena shopee beriklan dimana-mana termasuk billboard. Nah kali ini saya mau sharing cara jualan di shopee untuk pemula. Oke saya ulang ya, cara jualan di shopee untuk pemula. Maksudnya biar para mastah ngga ngeledekin, kok materinya gini aja hihi..:)

Ngomong-ngomong belakangan ini cara berjualan di Shopee menjadi salah satu informasi yang banyak dicari pengguna internet khususnya bagi mereka yang memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Terlebih yang banyak nyari itu emak-emak yang jualan dari rumah. Ternyata hal ini didasari dari analisis sebagian ahli gaya hidup masyarakat Indonesia, yang menilai semakin banyaknya orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile baik tablet maupun smartphone. Nah ini cocok banget dengan prinsip orang jualan, yaitu dimana banyak ikan disitu tebar umpan – dimana ada pasar disitu kita jualan.

Aplikasi Shopee merupakan sebuah aplikasi mobile yang mempermudah siapapun yang ingin menjual ataupun membeli berbagai produk langsung dari smartphone. Apalagi saat ini Shopee tidak hanya menjangkau produsen dan konsumen di Indonesia saja, akan tetapi juga telah sampai di Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. Shopee mulai masuk di Indonesia pada sekitar Mei 2015 dan menjadi aplikasi mobile marketplace pertama dengan konsep C2C (konsumen ke konsumen).

Cara Jitu Jualan di Shopee untuk Pemula

Jika Dibandingkan dengan marketplace lain yang ada di indonesia saya kira Shopee memang lebih simple, dan lebih mudah dioperasikan kapan dan dimanapun, maka dari itu kalau Anda berencana memasarkan produk-produk melalui Shopee, berikut tahapan mulai berjualan di Shopee :

  1. Download aplikasi Shopee di ponsel Anda melalui playstore (untuk pengguna android dan app store untuk pengguna apple),
  2. Lakukan pendaftaran dengan mengisi data personal , data kontak seperti Nomor HP, e-mail, Pin BBM dan yang lainnya.
  3. Selanjutnya Anda akan masuk kehalaman profile Anda. Nah, disinilah Anda bisa memulai apakah akan berjualan atau berbelanja, terdapat fitur dan tab yang bisa memudahkan aktivitas jual-beli yang akan Anda lakukan.
  4. Bila Anda ingin menjual maka terdapat tab untuk menjual produk dan fitur share yang bisa Anda gunakan untuk menyebarkan produk yang akan Anda jual ke media sosial lainnya.
  5. Lalau Anda hanya perlu mengambil foto produk yang akan Anda jual melalui ponsel Anda, setelah itu tambahkan penjelasan produk serta harganya.
  6. Bila ada pembeli yang tertarik dengan produk Anda maka proses komunikasi dapat dilakukan melalui fitur “Chat”.

So buat saya waktu sekitar 30 detik untuk bisa berjualan dengan menggunakan aplikasi Shopee saya harap ngga akan jauh beda dengan waktu yang anda butuhkan.

Pada halaman awal Shopee terdapat sekitar 20 kategori produk yang tersedia seperti pakaian wanita, sepatu wanita, pakaian pria, aksesoris, kecantikan dan kesehatan, perlengkapan bayi, elektronik, otomotif, rumah, dan yang lainnya

Anda bisa memasukkan beberapa produk unggulan Anda dalam satu kategori, maupun dalam banyak kategori. Jadi Anda bisa menjual berbagai jenis barang pribadi Anda yang mungkin sudah tidak terpakai tapi masih layak pakai.Jadi produk yang Anda jual akan langsung masuk dalam kelompok yang sesuai dengan kategori-kategori tersebut.

Bila ada pembeli yang tertarik dengan produk Anda, maka proses tawar-menawar dapat secara langsung digunakan melalui fitur Chat, sehingga memudahkan proses penjualan, serta membuat Anda sebagai penjual bisa langsung berinteraksi dengan calon pelanggan Anda. Fitur chat juga berguna bagi Anda untuk bertukar nomor HP, karena kebanyakan member dari Shopee tidak mencantumkan nomor HP mereka karena terlalu privasi, namun akan memberikannya secara sukarela pada calon pembeli agar bisa lebih mudah dalam berkomunikasi nantinya.

Sistem keamanan bertransaksi di Shopee sangat baik, dimana Anda sebagai pihak penjual hanya akan menerima pembayaran dari pihak pembeli bila pesanan telah diterima oleh pembeli. Jadi terdapat sistem rekening bersama agar pihak penjual dan pembeli merasa aman dalam bertransaksi.

Aplikasi Shopee dapat memudahkan proses penjualan produk Anda dan memberikan jaminan keamanan dalam transaksi pembayaran tanpa memungut komisi penjualan ataupun biaya pendaftaran, jadi semuanya serba gratis dan serba mudah.

Jadi bagi Anda ingin menjual produk baik produk usaha maupun produk pribadi tapi tidak suka ribet dengan proses yang lama dan menginginkan sistem transaksi pembayaran yang aman bagi pembeli, maka Shopee akan menjadi aplikasi tambahan yang bermanfaat untuk Anda.

Shopee merupakan aplikasi yang membantu Anda untuk mengembangkan kewirausahaan, dimana Anda yang mungkin memiliki bakat untuk menghasilkan sebuah produk namun masih ragu untuk membuka toko online karena masih belum memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan sebuah online shop dapat menggunakan aplikasi Shopee untuk mempermudah memasarkan produk-produk Anda, sekaligus memberikan faslitas keamanan dalam transaksi keuangan.

Namun jangan lupa, bahwa shopee merupakan aplikasi tempat kita berjualan saja. Sebagus-bagusnya shopee yaa itu merupakan perusahaan orang lain yang kebijakannya bisa berubah sewaktu-waktu. Maka saya selalu tetap menyarankan agar anda memiliki website toko online sendiri untuk membangun kepercayaan konsumen bahwa anda memang benar-benar serius mengelola bisnis jualan anda.

Semoga penjelasan saya tentang Cara Jualan di Shopee untuk Pemula bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang berniat jualan online tapi belum punya website atau bagi yang sudah punya website tapi ingin mengembangkan target pasarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 087870201037 Invite Pin BBM kami : 5C648CAA